Return to site

Cara Membersihkan Lantai Granit supaya aman dan selalu jelas jrengnya

Keindahan motif dari lantai granit membuat beberapa orang tertarik untuk menempatkan lantai ini dirumah. Harga lantai granit juga relatif mahal di banding lantai keramik umum.

Diluar itu, lantai type ini memerlukan perawatan ekstra. Pasalnya, bila tidak dibikin bersih dengan baik, warna lantai granit Anda dapat jadi kusam. Akhirnya, Anda mesti mencari langkah mengkilapkan lantai granit yang kusam untuk kembalikan warna cerah lantai Anda.

Menginginkan tahu langkah bersihkan lantai granit yang benar supaya senantiasa mengkilap sehari-hari? Tenang saja, Bacaterus akan memberi info sekitar panduan serta langkah bersihkan lantai granit dengan gampang.

Langkah Bersihkan Lantai Granit

1. Bersihkan dengan setiap hari

Bersihkan dengan setiap hari

Untuk menghindar warna lantai granit jadi kusam serta terlihat kotor, Anda mesti bersihkan lantai granit sehari-hari. Langkah bersihkan lantai granit dengan harian dapat Anda kerjakan layaknya seperti mengepel lantai sehari-hari. Jika memang perlu pakai alat pembersih lantai granit serta cairan spesial untuk mengepel lantai granit.

Tetapi, jika Anda tidak mempunyai alat serta cairan spesial bersihkan lantai granit, tidak jadi masalah bila Anda memakai tongkat pel serta air saja. Pembersihan harian cuma dipakai untuk melindungi lantai tetaplah bersih serta higienis.

2. Kerjakan pembersihan untuk mengkilapkan lantai

Kerjakan pembersihan untuk mengkilapkan lantai

Keindahan lantai granit bisa tampak terang saat lantai itu terlihat mengkilap. Lalu, bagaimana caranya mengkilapkan lantai granit yang kusam? Kerjakan pembersihan spesial dengan mingguan dengan memakai air sumur, jauhi memakai air kran yang memiliki kandungan mineral serta klorin.

Pakai juga cairan pengkilap lantai granit untuk membuat lantai Anda jadi lebih mengkilap. Pembersihan dengan spesial ini dapat Anda kerjakan satu minggu sekali untuk melindungi kilau lantai Anda supaya senantiasa tampak terang.

3. Pakai alat yg tidak bisa menggores lantai

Pakai alat yg tidak bisa menggores lantai

Bila umumnya Anda bersihkan noda di lantai keramik dengan semua type perlengkapan yang ada, Anda tidak dapat asal-asalan sekali lagi memakai semua type alat untuk bersihkan lantai granit.

Jauhi alat-alat yang bisa mengakibatkan abrasi pada lantai, seperti spons abrasif atau handuk kasar. Pakai tisu atau kain halus untuk bersihkan lantai granit.

4. Bersihkan noda dengan bahan yang aman

Ada cara-cara bersihkan lantai granit dari noda yang telah menempel di permukaan lantai itu. Anda bisa memakai beberapa bahan di bawah ini untuk bersihkan noda di lantai granit tanpa ada memudarkan warna lantai tersebut :

Sabun cair pencuci piring
Cairan pencuci piring

Saat ada noda yang menempel pada lantai granit, Anda bisa selekasnya ambil ember, air hangat, serta sabun cair pencuci piring untuk bersihkan noda itu. Yakinkan Anda memakai kain pel yang lembut untuk menyingkirkan noda di lantai granit.

Sesudah mengelap lantai dengan kain pel yang di rendam dalam larutan air hangat serta sabun cair pencuci piring, basuh kain pel dengan air bersih serta gosokkan pada lantai untuk menyingkirkan residu sabun. Poles lantai dengan kain mikrofiber yang bersih untuk menyingkirkan bercak air yang bisa memudarkan warna lantai.

Baking soda
langkah menyingkirkan tikus baking soda

Baking soda di kenal ampuh untuk menyingkirkan noda di pakaian putih, namun bahan kue yang satu ini nyatanya dapat juga dihandalkan untuk bersihkan noda di lantai granit. Buat pasta kental dari baking soda serta air. Lalu, tutupi noda di lantai dengan pasta ini serta diamkan semalaman.

Esok harinya gosokkan kain lap basah untuk bersihkan pasta. Bila noda masih tetap membandel seperti noda cat atau spidol, pakai aseton atau alkohol untuk membersihkannya.

5. Poles granit tiap-tiap sebagian saat

Poles granit tiap-tiap sebagian waktu langkah bersihkan lantai granit

Hanya satu langkah menyingkirkan goresan pada lantai granit yaitu dengan memoles lantai itu. Anda dapat temukan layanan memoles granit yang banyak menyebar di kota-kota besar. Poles granit jika ada goresan atau noda yang telah tidak dapat di hilangkan sendiri.

Terkecuali memakai layanan poles granit, Anda dapat juga membuat bahan poles granit alami, lho. Langkahnya nyaris sama juga dengan langkah menyingkirkan noda di lantai granit, yaitu dengan menggunakan pasta baking soda. Tetapi, Anda mesti melumuri semua lantai dengan pasta ini dengan kuas halus atau kanebo.

Panduan Menjaga Lantai Granit

Tidak cuma memerhatikan langkah bersihkan lantai granit saja, Anda harus juga lakukan perawatan sederhana untuk melindungi keindahan lantai elegan ini. Terdapat banyak panduan yang perlu Anda kerjakan untuk melindungi keindahan lantai granit, yaitu :

1. Jauhi pemakaian cairan pembersih lantai biasa

Jauhi pemakaian cairan pembersih lantai biasa

Seperti yang telah kami berikan terlebih dulu, lantai granit memerlukan perawatan ekstra yang beda dari yang beda. Anda tidak dapat memakai cairan pembersih lantai umum untuk bersihkan granit. Apabila tak ada cairan pengkilap lantai granit, Anda bisa memakai media air saja. Walau demikian, tetaplah dianjurkan supaya Anda menggunakan cairan spesial untuk bersihkan lantai granit.

2. Siapkan keset di pintu masuk

Siapkan keset di pintu masuk

Apa hubungan sediakan keset dengan menjaga lantai granit supaya senantiasa bersih serta mengkilap? Keset bermanfaat untuk bersihkan kaki orang yang akan masuk ke rumah Anda. Debu serta pasir yaitu satu diantara penyebabnya lantai granit cepat kusam serta kotor.

Oleh karenanya, senantiasa siapkan keset yang bersih dimuka pintu masuk. Selain itu, lakukan beberapa tamu yang datang untuk melepas alas kaki karna pasir serta tanah yang melekat pada alas kaki mereka dapat membuat lantai cepat kusam.

3. Janganlah menempatkan perabotan yang tajam serta kasar

Janganlah menempatkan perabotan yang tajam serta kasar

Membuat perlindungan lantai granit dari goresan, yakinkan Anda tidak menempatkan perabotan yang tajam serta kasar diatas lantai. Pasalnya, lantai granit yang tergesek cuma dapat dipoles dengan beberapa bahan spesial untuk menyingkirkan goresan itu. Diluar itu, jauhi pemakaian vacuum cleaner diatas lantai granit karna roda mesin penyedot debu ini bisa menggores permukaan lantai.

4. Tentukan cairan pembersih lantai yang berkualitas

Tentukan cairan pembersih lantai yang berkualitas

Bukan sekedar sebatas hindari cairan pembersih lantai umum, Anda juga mesti pilih cairan pembersih lantai granit yang berkwalitas. Jauhi pembersih lantai yang memiliki kandungan asam serta bahan kimia yang sangat keras karna bisa mengakibatkan kerusakan permukaan lantai.

Senantiasa pakai cairan pembersih granit dengan pH yang seimbang. Jika Anda tidak temukan cairan spesial untuk bersihkan lantai granit, pakai air hangat serta sabun cair pencuci piring saja.

5. Selekasnya bersihkan lantai granit sesudah dipasang

Selekasnya bersihkan lantai granit sesudah dipasang

Kenapa Anda mesti selekasnya bersihkan lantai granit yang baru dipasang? Pasalnya, lantai yang baru dipasang pastinya akan begitu kotor karna debu. Belum juga bila ada sisa semen yang melekat di permukaan lantai.

Langkah bersihkan lantai granit yang baru dipasang tidak dapat asal-asalan. Baiknya, minta tukang yang menempatkan lantai itu untuk membersihkannya. Lalu, Anda bisa bersihkan kembali dengan mengepel lantai itu.

Langkah bersihkan lantai granit ini begitu berguna untuk Anda yang menginginkan menempatkan lantai elegan ini dirumah. Dasarnya, kerjakan pembersihan dengan berkala untuk melindungi kilau serta kebersihan lantai ini.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly