Return to site

Add a Blog Post Title

Penduduk Indonesia pantas bersukur sekarang sudah mempunyai skema agunan sosial kesehatan bernama BPJS Kesehatan. Walaupun disadari ada banyak kekurangan disana sini serta aduan mengenai birokrasi service yang panjang, banyak kelompok penduduk yang mengaku faedah jadi peserta BPJS Kesehatan.

Itu kenapa, makin banyak penduduk yang pilih daftarkan diri jadi peserta BPJS Kesehatan. Mencuplik web BPJS Kesehatan, sampai 1 September 2017, jumlahnya peserta BPJS Kesehatan sudah sampai 180, 77 juta peserta.

Pada intinya, kepesertaan BPJS Kesehatan memang berbentuk harus karena ini merupakan skema agunan sosial. Akan tetapi, fakta di lapangan, belumlah kebanyakan orang sudah tercatat jadi peserta, dengan beberapa jenis pertimbangan. Walau sebenarnya, banyak yang rasakan faedah kepesertaan BPJS Kesehatan ini.
Keunggulan BPJS Kesehatan di banding asuransi swasta

peserta BPJS Kesehatan

Ada argumen kenapa beberapa orang terasa faedah jadi peserta BPJS Kesehatan termasuk besar. Dibanding dengan produk asuransi komersial yang di jual oleh perusahaan asuransi swasta, BPJS mempunyai beberapa keunggulan yang menarik buat kamu tunjukkan.

Di bawah ini beberapa ketidaksamaan asuransi kesehatan swasta dengan BPJS Kesehatan :

Kepesertaan

Semua masyarakat negara harus jadi peserta BPJS Kesehatan. Ini karena BPJS memiliki konsep agunan sosial dimana ada subsidi silang pada peserta dengan potensi finansial baik dengan grup penduduk ekonomi lemah yang tidak mempunyai kemampuan keuangan jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan (penerima pertolongan iuran). Peserta membayar iuran keanggotaan BPJS tiap-tiap bulan serta karakter kepesertaan akan laku saat iuran keanggotaan dibayarkan.

Mengenai asuransi kesehatan swasta adalah produk kesehatan komersial yang di jual bebas seperti produk di pasar serta dapat dibeli oleh mereka yang memang memerlukan. Asuransi kesehatan di tawarkan bebas di pasar dengan beberapa feature. Menjadi peserta, kamu mesti membayar beberapa premi yang dapat dibayarkan baik dalam rentang bulanan atau tahunan atau sekaligus juga di muka.

O, ya, kepesertaan BPJS Kesehatan juga tidak membatasi usia kepesertaan. Bayi baru lahir telah dapat didaftarkan jadi peserta BPJS. Iuran juga disamaratakan tidak memperbedakan type kelamin. Berlainan dengan asuransi kesehatan swasta yang umumnya memperbedakan besar premi pada nasabah wanita dengan lelaki bergantung dari profil resiko.

Beban iuran/premi

Karena sifatnya menjadi agunan sosial, BPJS membanderol tarif iuran yang cukuplah dapat dijangkau. Sampai sekarang ini, iuran peserta dibatasi optimal Rp 80. 000 per peserta per bulan untuk kelas I. Tengah iuran paling rendah yakni untuk kelas III cuma Rp 25. 000 per bulan per peserta.

Banding dengan besar premi asuransi kesehatan swasta yang dapat beberapa ratus ribu rupiah per bulan. Makin komplet feature proteksinya, umumnya makin mahal juga premi yang perlu dibayarkan oleh nasabah asuransi kesehatan swasta.

Feature proteksi

Dari bagian jangkauan perlindungan atau perlindungan, BPJS Kesehatan mempunyai kelebihan karena dia mengkaver hampir semua type penyakit. Yang menarik, BPJS Kesehatan juga tidak mengharuskan ada medical check-up lebih dulu buat calon peserta. Ini berkebalikan dengan asuransi kesehatan swasta yang mewajibkan kontrol kesehatan buat calon nasabah untuk tahu kisah kesehatan. Dengan begitu, perusahaan asuransi kesehatan swasta dapat mengukur resiko si calon nasabah itu.

Dari bagian keluasan perlindungan, BPJS bisa jadi pilihan yang begitu ekonomis karena perlindungannya hampir tidak hanya terbatas, termasuk juga untuk penyakit-penyakit gawat, sedang dari sisi cost iuran sangat murah.

Demikian sebaliknya, asuransi swasta umumnya membatasi perlindungan di sejumlah resiko saja. Asuransi kesehatan swasta jarang yang memikul cost rawat jalan. Cuma rawat inap yang dikaver. Begitupun beberapa macam penyakit spesifik, seperti penyakit gawat, umumnya di tawarkan dalam produk asuransi kesehatan yang berbeda/terpisah.

Kualitas layanan

Ada harga, ada rupa. Jika kamu termasuk juga kelompok yang mengutamakan kenyamanan pengurusan klaim asuransi kesehatan, memakai service BPJS mungkin saja kurang pas buat kamu. Masalahnya menjadi service agunan sosial dimana pesertanya merupakan hampir semua rakyat Indonesia, kamu mesti siap melawan antrian service yang begitu panjang.

Diluar itu, prosedur klaim juga tidak langsung bisa ke rumahsakit provider. Kamu mesti mendatangi dahulu sarana kesehatan tingkat 1, umumnya berbentuk klinik kesehatan, baru lalu dapat dirujuk ke rumahsakit.
Iuran kepesertaan BPJS Kesehatan

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly